• ANTARA DAK KERATON DAN DAK BIASA / KONVENSIONAL dan KEUNTUNGANNYA



    Dak Keraton( Komposit Keramik Beton ) adalah blok-blok keramik yang dirangkai menjadi plat lantai kemudian dikomposit dengan beton sehingga digunakan sebagai pengganti cor dak biasa / konvensional.

    Terbuat dari tanah liat pilihan yang kemudian diextrude dan dibakar pada suhu lebih dari 1000 derajat Celcius, sehingga dihasilkan keramik yang memiliki daya tekan kuat setara beton K-300

    Tekhnologi dak keraton ini pertama kali dari eropa( German dan Belanda ) sekitar seratus tahun yang lalu. Kemudian tekhnologi material ini dibawa ke indonesia melalui proyek bantuan tekhnis pembangunan industry bahan yang diawasi oleh UNIDO/UNDP (PBB Project INS/740/034)

    Dak Keraton ( Komposit Keramik Beton ) ini telah diuji Oleh Pusat Penelitian Tekhnologi Pemukiman Badan Litbang Permukiman dan Prasarana Wilayah Bandung, Peneliti Suwandojo Siddiq, DE Eng. ( Peneliti Senior dibidang Struktur Bangunan dan Tekhnologi Gempa )
    Dari hasil penelitian, pada bentang 4 meter untuk dak keraton 10 cm mendukung sampai 300 Kg/m2. Jauh diatas kekuatan yang disarankan untuk rumah tinggal 175 Kg/m2.
    Dak Keraton juga lebih ringan dibandingkan dengan dak beton biasa  (40%), maka  gaya yang terbentuk akibat gempa menjadi lebih kecil, sehingga lebih aman bagi struktur bangunan.


    1.       1. Lebih Ringan
    Karena Dak Keraton memiliki rongga sehingga bobotnya lebih ringan hanya 130-150 Kg/m2 , sedangkan Dak Beton 288 Kg/m2 dengan Ketebalan 12 Cm, juga karena ringan dapat dihemat atau dikurangi struktur bawahnya

    2. Lebih Murah ( Ekonomis )
    Karena tidak memerlukan Bikisting, sehingga kebutuhan kayu sangat sedikit. Material beton yang dibutuhkan hanya sebagai perekat dan penutup 2 Cm sehingga amat sangat efisien. Juga tenaga kerja yang dibutuhkan sangat sedikit cukup  4 – 5  Pekerja, sedangkan padapengerjaan Dak Beton membutuhkan pekerja harus Lebih dari 10 Orang.
      
    3. Lebih Cepat
    Dak Keraton hanyamembutuhkan waktu 7 Hari hingga penyangga bisadilepas, Sedangkan Dak Beton membutuhkan waktu sedikitnya 21 Hari sampai bikisting bisadilepas.

    4.       4. Berlaku sebagai Isulator
    Dak Keraton memiliki Rongga sehingga panas atau suara yang diterima tidak langsung dihantarkan atau dengan kata lain  Dak Keraton merupakan penghantar panas dan suara yang buruk.

    Dak Keraton ( Keramik Komposit Beton ) merupakan bahan khusus, sehingga dalampemasangan atau pengerjaannya sebaiknya menggunakan tenaga-tenaga ahli yang sudah specialist.
    Dan kami Azzam Selaras Jaya memiliki tenaga-tenaga yang dimaksud, darimulai perencanaan, estimasi, sampai pelaksanaannya, berpengalaman dan Ekspert Dak Keraton. Sehingga tidak ada kerugian Cost dan waktu dalam pengerjaanya.




    1. Penghematan bahan-bahan, seperti  Bekisting              : Bisa dikatakan hampir tanpa bekisting dan Tulangan              : Hemat sampai dengan 49 %
    2. Memudahkan pelaksanaan kontruksi
    3. Penghematan waktu dan tenaga Proses pengerjaan dari perakitan sampai dengan penyelesaian Keraton cukup dikerjakan 2 – 4 orang saja, waktu pengerjaan 2 kali lebih cepat disbanding cor beton konvensional 
    4. Kontruksi lebih ringan dengan kekuatan yang sama dengan lanatai slab beton berat beton cor    40 M2 X 0,12 X 2400 Kg/m2 = 11,50 ton Berat Keraton (CB-12)                40 m2 X 180 Kg/m2 = 7,20 ton (lebih ringan 50%) 
    5. Rangkaian bentangan Keraton dapat dipasang tanpa penyangga, dengan demikian pengerjaan-pengerjaan finishing dibawah plat lantai dapat dengan leluasa dilaksanakan karena tidak ada halangan bikisting 
    6. Kekuatan sama saja dengan pemakaian cor beton konvensional, bahkan Keraton ( Komposit Keramik Beton ) ini sesauai denga persyaratan Peraturan Beton Indonesia (PBI) 1971 dan SNI-1991 
    7. Berfungsi sebagai peredam Suara dan Panas 
    8. Ramah lingkungan (tidak banyak menggunakan kayu dan tidak berisik dalam pengerjaannya) 
    9. Hemat biaya hingga mencapai 40% 

      
    Abdullah Agung Billah 02171469313


0 komentar:

Posting Komentar

Saran dan Kritik Anda adalah Pintu Perbaikan kami untuk menjadi lebih baik